Kasus Covid-19 di Tuban Melandai, Satgas Sebut Masyarakat Sadar Prokes

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa minggu terakhir kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban terus melandai. Tercatat, dalam satu hari penambahan kasus positif Covid-19 baru di Kabupaten Tuban dib awah 10 orang.

Terkait hal itu, Wakil Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo membenarkan bahwa beberapa minggu ini kasus Covid-19 di Kabupaten Tuban terus melandai serta jumlah penularannya terus menurun. 

Adapun, melandainya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 itu dipengaruhi beberapa faktor, yakni Vaksinasi serta tingkat kesadaran masyarakat untuk penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) di Kabupaten Tuban tinggi.

"Faktor yang mempengaruhi penularan Covid-19 menurun mungkin dikarenakan vaksinasi, banyak yang kena, serta penerapan prokes oleh masyarakat betul-betul dilaksanakan," terang pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabulaten Tuban, Kamis (18/3/2021).

Dia mengungkapkan, saat ini masyarakat memang sudah mulai sadar menerapkan prokes, meskipun saat melakukan operasi yustisi masih didapati masyarakat yang tidak menggunakan masker.

"Iya, sebagian besar masyarakat memang sudah sadar menerapkan prokes," jelasnya.

Sebatas diketahui, berdasarkan data persebaran Covid-19 per (17/3/2021) jumlah komulatif terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 3.312 orang, sedangkan jumlah komulatif pasien sembuh sebanyak 2.909 orang dan jumlah komulatif pasien positif Covid-19 meninggal dunia sebanyak 360 orang.[hud/ono]