Transisi Musim, BMKG Tuban Minta Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Juanda Jawa Timur mengeluarkan peringatan dini cuaca di Jawa Timur selama tiga hari ke depan, mulai 9, 10, 11 Meret.

Dalam peringatan dini tersebut masyarakat diharapkan selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap fenomena akibat cuaca buruk/ekstrem serta agar selalu memantau informasi cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG.

Terkait hal itu, Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tuban Rofiq Isa Mansyur, menyampaikan, wilayah Kabupaten Tuban tiga hari kedepan masih berpotensi adanya cuaca ekstrem. Terlebih saat ini akan memasuki transisi musim, Selasa (9/3/2021).

"Jadi memasuki transisi musim dari kemarau ke musim penghujan ini, masyarakat perlu mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem yakni hujan disertai angin kencang dan petir," terang Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tuban.

Dia mengimbau, menjelang transisi musim ini masyarakat selalu mewaspadai hujan yang disertai agin kencang. Terlebih masyarakat di kawasan yang ada papan reklamenya serta pepohonan besar.

Sementara itu, untuk cuaca perairan di pantai utara Kabupaten Tuban dalam satu minggu ke depan diprediksi cederung kondusif dan baik.

"Karena memang prediksi cuaca perairan dalam satu minggu kedepan kondusif. Kami mempersilahkan para nelayan untuk melaut, sebab beberapa hari yang lalu mereka sempat menunda karena dampak ombak tinggi," pungkasnya.[hud/ono]