17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |   08:00 . 5 Butir Isi Perjanjian Hudaibiyah, Antara Kaum Muslim dan Quraisy   |   07:00 . Pengamen Badut Asal Jombang Diamankan Satpol PP Tuban, Peralatan Ngamennya Disita   |   06:00 . Kemendag Luncurkan MINYAKITA Rp14 Ribu per Liter, Lebih Murah dari Migor Curah di Tuban   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kepala Dinsos Ancam Sanksi Tegas Pendamping Program Sosial yang Tak Netral

bloktuban.com | Thursday, 22 October 2020 08:00

Kepala Dinsos Ancam Sanksi Tegas Pendamping Program Sosial yang Tak Netral

Reporter : Khoirul Huda

blokTuban.com - Indikasi banyaknya pendamping program sosial, salah satunya pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) yang tidak netral, membuat Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) angkat bicara.

Plt Kepala Dinsos P3A Joko Sarwono mengancam akan memberikan sanki tegas jika ada pendamping atau SDM lain di dalam program sosial yang menyimpang.

‘’Saya sudah beri arahan sesuai kode etik mereka dan korkab saya tugasi untuk melakukan monitoring ke masing-masing korcamnya,’’ ujar Joko Sarwono, Kamis (22/10/2020).

Sebelumnya, lanjut Joko, saat kasus dugaan penyimpanganyag dilakukan sjeumlah pendampingf PKH di sejumlah kecamatan itu, pihaknya menghubungi korkab. Dia minta untuk  seluruh SDM PKH dikumpulkan. 

‘’Saya minta mereka ya tentunya sesuai rel tugasnya dalam bekerja,’’ tambahnya.

Bahkan, Asisten 1 pemkab ini juga berniat membuat surat edaran (SE) untuk semua SDM yang ada di dinas yang dia pimpin. Isinya di antaranya tentu tentang kode etik dan bagaimana para SDM dinas ini bersikap dalam pilkada.

‘’SE belum saya buat. Tentunya kalau ada yang melanggar sanksinya sesuai ketentuan yang ada,’’ katanya.

Sementara Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH Arif Hidayatullah mengatakan, akan mengawasi korcamnya sesuai dengan arahan Dinsos P3A. Dia juga mengakui kalau ada yang menyimpang sanksi tegas menunggu.

‘’Aturannya memang demikian,’’ ungkapnya.

Sekadar diketahui, korcam dan pendamping PKH di sejumlah kecamatan diduga menyimpang dan melampauai kewenangannya. Sebab, para korcam dan pendamping ini mengarahkan para penerima program untuk memilih pasangan tertentu pada pilkada nanti.

Sebagai program sosial yang dibiayai APBN, termasuk gaji para korcam dan pendamping adalah dari uang negara, maka tidak boleh digunakan untuk kepentingan politik tertentu. Sehingga, apa yang dilakukan pendamping dan korcam tersebut bisa masuk pelanggaran dan bisa masuk pidana pemilu.[hud/ono]

 

Tag : bantuansosila, pkh, dinassosial, netral



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat