23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |   13:00 . Ini Jadwal dan Lokasi Semarak Agustus di Lamongan, Mulai Agustus Sampai Oktober 2022   |   12:00 . Selasa 9 Agustus 2022: Dua Hari Daging Ayam dan Bawang Merah di Tuban Turun, Diikuti Cabai Biasa   |   11:00 . Jawara Kicau Nasional, Burung Murai ini Ditawar Rp100 Juta   |   10:00 . Pelatihan Gratis Batch 5 UPT BLK Tuban, Ada 3 Kejuruan Kompetensi yang Bisa Dipilih   |   09:00 . Naik Rp9.000, Harga Emas Antam Per Gram Capai Rp996.000   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Waspada Corona Jangan Panik

Alasan Bupati Tuban Menolak PSBB, Tak Ingin Lebih Miskin Lagi

bloktuban.com | Friday, 29 May 2020 09:00

Alasan Bupati Tuban Menolak PSBB, Tak Ingin Lebih Miskin Lagi

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda saat ini menolak betul penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayahnya. Setidaknya ada tiga alasan mendasar yang melatarbelakangi sikap mantan Ketua PCNU Tuban ini.

"PSBB ini yang sangat kami takutkan karena memiliki pengaruh di ekonomi yang luar biasa. Kita ini sudah kabupaten miskin, jadi jangan lebih miskin lagi," terang Bupati Huda beberapa waktu lalu.

Angka kemiskinan Kabupaten Tuban mengalami penurunan menjadi 14,58 persen di tahun 2019. Angka tersebut turun dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 15,31 persen.

Pemkab Tuban sendiri terus menekan angka kemiskinan melalui berbagai program. Mulai Bantuan Pangan Non Tunai Daerah (BPNTD) untuk mencover penerima 13 Rubu KK di Kabupaten Tuban yang belum menerima BPNT dari pusat.

Tahun 2020 telah dialokasikan BPNTD untuk 4.421 KK yang tersebar di 20 kecamatan. Ada program rantang bagi lansia. Maksudnya diberikan bantuan dalam bentuk makanan siap saji dua kali sehari untuk 300 lansia di wilayah Kecamatan Palang, Tuban, Semanding, Merakurak.

Bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada tahun 2019 sebanyak 507 unit melalui sistem kontraktual (pengerjaan oleh rekanan). Pelaksanaan program Rehat RTLH ini disinergiskan dengan sistem bantuan Hibah kepada desa sebanyak 420 unit.

"Di sektor kesehatan, tahun 2020 Pemkab Tuban alokasikan sebanyak 33.145 KK yang belum terakses KIS Pemerintah," tegasnya.

Supaya PSBB ini tidak terjadi, lanjut Bupati asal Montong mengajak semuanya untuk meredam penyebaran corona agar tidak berkembang lagi. Alasan kedua, jika PSBB ini waktunya sudah selesai dan belum ada perkembangan signifikan, ini akan menjadi kerugian Kabupaten Tuban dua kali.

Ketiga, jika PSBB ini sudah selesai dan sekarang ada program new normal nanti masyarakat akan merasa sudah bebas terjadi euforia. Dari tiga faktor inilah jangan sampai ada PSBB di Tuban.

"Kita harus tekan betul yang terpapar jangan naik lagi," imbuh Bupati dua periode.

Dilansir dari Kompas, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa sedang mengkaji penerapan PSBB di lingkup Jatim. Berdasar kajian pakar epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair, PSBB Jatim layak diajukan ke Kementrian Kesehatan.

"Jatim bisa mengajukan PSBB regional provinsi ke Menteri Kesehatan dari kajian itu," kata Khofifah.

Pakar epidemiologi telah mengkaji sebaran corona di seluruh Jatim. 38 kabupaten/kota di Jatim sudah zona merah artinya terdapat kasus positif pandemi.

Khofifah pun tak buru mengajukan PSBB regional ke Kemenkes. Pihaknya ingin berdiskusi dengan pemangku kebijakan di tiap wilayah dan Forkopimda Jawa Timur.

Sekarang ada dua wilayah di Jatim yang menerapkan PSBB yaitu kawasan Surabaya Raya mencakup Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. PSBB di wilayah ini masul tahap dua.

Wilayah kedua yaitu kawasan Malang Raya mencakup Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. PSBB di wilayah ini berlaku tanggal 17 Mei 2020.

Berdasarkan peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, per 26/5/2020 hingga pukul 18.00 WIB jumlah kumulatif ODP sebanyak 626 orang dengan keterangan sebanyak 497 orang selesai pemantauan dan 129 orang masih dalam pemantauan.

Selain itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 61 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 26 orang negatif/sembuh, 14 orang meninggal dunia, dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 21 orang.

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 40 orang, terdiri dari 4 orang sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 34 orang dalam perawatan. [ali/rom]

Tag : psbb, tuban, covid 19, corona



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat