Wah! Sekali Hujan Akses Warga Dusun Ini Lumpuh

Reporter: M. Anang Febri 

blokTuban.com- Meskipun sudah tampak maju dan lebih bagus dibanding wilayah daerah lain, akses sarana jalan di Kabupaten Tuban rupanya masih ada yang masih tertinggal. Seperti jalanan menuju Dusun Dermalang ini misalnya.

Letak wilayah dusun yang berada sekitar 4 kilometer dari pusat pemerintahan Desa Mlangi, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban tersebut memiliki akses jalan berkontur tanah makadam sampai menuju Dusun Dermalang.

Penuturan warga Desa Mlangi, jalanan tersebut memang menjadi salah satu akses menuju Dusun Dermalang yang cukup terpencil. Akan tetapi pada musim penghujan seperti ini, sekali hujan deras, jalanan berlumpur.

"Jadi kalau mau ke Dermalang nggak bisa pakai mobil. Minimal harus pakai kendaraan roda dua," ujar Sajian kepada blokTuban.com, Rabu (28/11/2018).

Ditambahkannya, setiap kali hujan datang, jalanan tak dapat dilalui dengan mudah. Adapun kendaraan roda dua, baik sepeda motor maupun sepeda kayuh yang berniat menerobos jalanan becek berlumpur nan licin, harus bersusah payah. 

Warga sekitar Desa Mlangi biasanya lewat jalanan tersebut sebab keperluan genting. Karena lahan pertanian, maupun urusan sosial ke Dusun Dermalang.

"Ya begini adanya. Kalau hujan datang, aktivitas jadi terganggu," tambahnya.

Upaya perbaikan jalanan Dusun Dermalang sempat dilakukan pekerjaan, akan tetapi setiap kali dilakukan pengurukan tanah, selalu ambles sebab tekanan kendaraan yang lewat disana.

Kepala Desa Mlangi, Kusnan juga membenarkan hal tersebut. Jalanan tanah makadam, berlumpur saat hujan bisa membahayakan pengguna jalan jika tak mahir betul menguasai Medan licin.

"Kalau mau ke sini jalan kaki, ada sekitar 1 jam, kalau sepeda motor bahaya," ucap Kades Mlangi yang saat itu tengah berada di Dusun Dermalang sebab keperluan layanan listrik PLN. 

Selain itu, keadaan jalan ketika hujan tiba dan menjadi lumpuh untuk beberapa saat, juga menimbulkan sulitnya akses warga setempat. Tak terbayangkan, jika anak sekolah melalui jalanan tersebut. Bisa pun kembali seperti semula, mereka harus menunggu terik untuk mengeringkan jalan dusun itu. [feb/col]