Agustus, Berkah Bagi Pengerajin Mobil Hias

Repoter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT)  Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-73, pastinya akan banyak digelar karnaval, tentu hal ini yang membawa keuntungan bagi pembuat mobil hias.

Saat ditemui blokTuban.com, salah satu pembuat mobil hias yang berada di Kelurahan Doromukti Tuban, Heri Iswanto mengaku, tiap tahun pada saat 17 Agustus menerima banyak orderan, tak cuma mobil hiasa saja akan tetapi dokar hias, sepedah hias dan becak hias juga beliau kerjakan.

"Tiap tahun selalu nerima orderan, tahun ini menerima 12 kendara yang dihias tapi macam-macam gak cuma mobil saja, masalah harga tergantung modelnya, rata-rata Rp8 hingga Rp10 jutaan," ungkap Heri (58).

Sama dengan Heri, pengerajin yang berada di jalan Agus Salim juga sama menerima banyak orderan. Basuki pemilik usaha tersebut mengungkapkan, jelang bulan Agustus lalu bahkan ia sudah mulai menerima orderan.

"Awal bulan biasanya sudah ada yang order soal harga gak bisa matok, tergantung model, selain itu juga biasanya menyewakan mobil hias yang sudah pernah dipakai," ungkap Basuki.

Soal omset yang diterima kedua pengrajin itu, tidak bisa ditebak karena kadang malah rugi, karena nambah biaya lagi, semisal mobil yang dihias tidak bisa jalan, padahal kesepakan deng pemesan sudah ditetapkan. "Pihak pemesan kadang tidak mau menambah biaya lagi," kata Basuki. [nid/rom]