Usai Padi, Petani Plumpang Tanam Melon

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pasca dilakukan panen raya padi di beberapa Desa Kecamatan Plumpang, para petani banyak beralih menanam buah melon.

Hal itu diungkapkan oleh beberapa petani yang ditemui blokTuban.com, seperti yang berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Plumpang. Rata-rata dari mereka mengaku sudah melakukan persiapan tanam.

"Kalau panen sawah ini sudah selesai semua, akan langsung kita olah untuk kemudian ditanami melon," ujar Miftakhul, petani setempat.

Dari lahannya yang sedang panen padi sekitar satu hektaran, dia telah mulai mempersiapkan sejumlah keperluan. Seperti calon bibit, berikut sejumlah uang olah lahan dan perawatan nanti.

"Ya, hitung-hitung untuk menyambung hidup. Kan pas, masuk pertengahan puasa sudah bisa berbuah dan dinikmati juga," pungkasnya kepada blokTuban.com, Rabu (21/3/2018).

Petani lainnya juga memaparkan hal yang sama. Lahan pertanian yang berada di Plumpang, khususnya persawahan Desa Jatimulyo, hingga ke utara Desa Penidon menuju arah Compreng akan banyak didapati buah melon ketika padi usai di panen.

"Bulan depan sampai jelang bulan puasa Mei nanti, di sini sudah musim tanam melon," kata Mariono, petani dari Dusun Ngareng-Jatimulyo. [feb/col]