Awal Tahun Harga Cabai Makin Pedas

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Memasuki pertengahan bulan Januari 2018, harga cabai di Tuban terus meroket. Komuditas bumbu dapur yang satu ini, harga dan rasa sama-sama pedasnya.

Jasmirah (41), salah satu pedagang cabai di pasar Bangilan Tuban mengatakan, harga cabai keriting saat ini enggan turun. Bahkan hingga, Sabtu (13/1/2018) bertengger di harga Rp40.000 per kilogram (kg).

"Harga cabai keriting masih di angka Rp40.000 disusul harga cabai rawit merah (RM) Rp35.000/kg," ujar Jasmirah.

Melambungnya harga cabai ini, menurut ibu dua anak itu, sejak memasuki tahun baru 2018. Ia belum tahu sampai kapan harga cabai ini tetap bertahan di harga tersebut.

"Sudah beberapa minggu ini terus naik harga cabainya," kata pedagang sayuran yang sudah berjualan bertahun-tahun itu.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com dari beberapa pasar milik Pemerintah Kabupaten Tuban, kenaikan harga cabai keriting mencapai 23 persen. Sebab pada awal Januari hanya dikisaran harga Rp29.000/kg.

Sedangkan cabai rawit merah kenaikan harganya mencapai 25 hingga 31 persen. Hal itu dibuktikan dengan harga saat ini yang mencapai Rp25 hingga Rp35 ribu/kg. Padahal harga sebelumnya hanya Rp19 ribu perkilogramnya.

Diberitakan sebelumnya, salah satu pedagang di Pasar Jatirogo menyebut, kenaikan harga itu tergantung pengepul besar. Ia pun merasa dirugikan ketika harga cabai tidak stabil.

"Harga yang menentukan bos besar itu. Ketika tidak stabil kita susah lantaran pembeli bingung," keluh pedagang cabai, Bu Sin (45) saat ditemui di lapaknya beberapa waktu lalu. [rof/rom]