Warga Karangsari Sulap Kampungnya Jadi Kampung Sejuta Warna

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Berawal dari pengecatan yang dilakukan secara swadaya masyarakat, khususnya para pemuda setempat. Kini kampung RT/2 RW/1 Kelurahan Karangsari, Kecamatan/Kota Tuban disulap menjadi kampung sejuta warna.

Meski proses pengerjaan atau pengetacatan baru berjalan 20 persen dari target. Namun kelurahan tersebut telah mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. Hal itu dengan  dianggarkanya kelurahan yang berada di pesisir utara tersebut menjadi ikon Kampung sejuta warna.

Menurut Ketua RT/2 RW/1 Widodo mengatakan, bahwa pengecatan ini merupakan tindak lanjut dari pengecatan pada tahun kemarin. Namun sekarang yang mengawal program ini adalah para pemuda.

"Program ini dikerjakan oleh warga dan pemuda setempat, jadi kita konsep program ini nelayan ramah lingkungan," ujar Widodo kepada blokTuban.com, Selasa (2/1/2018).

Ia mengaku sudah memulai program ini sejak 17 Desember 2017 lalu, dan sekarang proses pengecatan sudah berjalan 20 persen, proses ini cenderung lambat karena pengaruh cuaca serta pengerjaanya hanya sore dan malam hari

"Dikarenakan saat pagi para nelayan bekerja dan siang hari beristirahat," tambahnya.

Lebih lanjut, dalam program ini pihaknya juga ingin mengubah image nelayan atau daerah pesisir, yang mana daerah pesisir ini dulu dikenal kumuh sekarang menjadi indah dan rapi.

Diketahui, RT/2 RW/1 terdapat sebanyak 90 Kepala Keluarga (KK) danvterdiri dari sebanyak 75 rumah dan fasilitas umum serta pergudangan.[hud/ito]