KPUD Tuban Lakukan Verifikasi Faktual Perindo dan PSI

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban telah melaksanakan verifikasi faktual terhadap dua partai baru yang akan melakukan pemilu legislatif (Pileg) 2019.

Dua partai baru sebagai calon peserta pemilu yaitu Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) kini telah menerima proses verifikasi faktual atas kepengurusan dan keberadaan kantor sesuai alamat domisili.

Divisi Hukum dan SDM KPUD Kabupaten Tuban, Fatkul Iksan, mengatakan proses verifikasi yang dilakukan oleh KPUD ini sudah sesuai dengan tahapan. Dimana pihaknya selaku penyelenggara pemilu mengecek keberadaan pengurus dan juga kantor partai.

"Hanya partai baru yang dicek, yaitu Perindo dan PSI. Untuk partai lama tidak perlu, itu sudah sesuai aturan," ujar Fatkul sapaan akrabnya kepada blokTuban.com, Selasa (19/12/2017)

Setelah dicek berdasarkan verifikasi faktual tersebut, nanti akan diketahui apakah pengurus partainya dan juga alamat kantornya sesuai atau tidak. Jika tidak, maka akan diproses, begitupun sebaliknya.

"Jadwalnya verifikasi faktual dimulai hari ini, hasilnya ya belum diketahui kan baru dimulai," beber Fatkul.

Diperkirakan, hasil verifikasi faktual baru akan disampaikan KPUD setelah semua proses verifikasi selesai dikerjakan, sebab untuk partai baru juga diperlukan verifikasi atas anggota.

"Anggota juga akan dicek, makanya pengumuman tidak bisa sekarang," pungkasnya.[nok/ito]

Sumber Foto: KPUD