Peduli Bencana, Baritim dan Tagana Bertolak ke Pacitan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Musibah bencana banjir bandang dan longsor yang melanda Kabupaten Pacitan, mendapat perhatian penuh dari dua organisasi masyarakat (Ormas) di Kabupaten Tuban. Perhatian tersebut lahir dari Banser Maritim (Baritim) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Sekretaris Tagana sekaligus pengurus Pimpinan Cabang GP Ansor Tuban, A. Isful Fuadi mengatakan, tim gabungan dari Baritim dan Tagana yang bertolak ke Pacitan sejumlah 10 orang. Mereka berangkat ke daerah kelahiran mantan Presiden SBY tersebut, Rabu dinihari tadi (6/12/2017).

"Mereka (Baritim dan Tagana, red) berangkat ke Pacitan dengan membawa bantuan makanan dan alat kebersihan," kata Fuad, siang tadi.

Dijelaskan Kader Ansor asal Rengel itu, para relawan terbagi dalam tiga tim. Yang pertama tim dapur umum, kedua tim Layanan Dukungan Psiko (LDP) Sosial, dan yang ketiga tim evakuasi dan kebersihan.

Ketiga tim tersebut, lanjut Fuad, memiliki tugas masing-masing. Dengan kedatangan relawan dari Tuban ini, diharapkan mampu memberikan pertolongan kepada korban bencana di Pacitan tersebut.

"Ini merupakan panggilan jiwa, semoga bisa membantu mengurangi beban mereka (korban,red)," ulas Fuad panjang lebar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, organisasi sosial yang bergerak dalam bidang penanggulangan bencana alam dan bencana sosial yang berbasiskan masyarakat itu rencananya akan berada di Pacitan selama lima hari. Mereka akan mengerahkan semua tenaganya di dapur umum serta membantu evakuasi dan membersihkan sisa longsor dan banjir. [rof/rom]