Kembangkan Ekonomi Lokal, TPID Bangilan Dibentuk

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pendamping desa Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Tuban mensosialisasikan pembentukan tim pelaksana inovasi desa (TPID) di Kecamatan Bangilan, Selasa (5/12/2017). Sosialisasi dan pembentukan tim yang akan mengelola dana operasional kegiatan pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa itu dihadiri oleh unsur kepala desa, BPD, dan LPMD se-Kecamatan Bangilan.

Pendamping Ahli Pemberdayaan, Hizbulloh Huda mengatakan, tim yang terbentuk diisi perwakilan desa yang memiliki minat besar pengembangan inovasi pembangunan desa yang ada di wilayahnya. Tugasnya ke depan menurut dia, tim tersebut mendokumentasikan, membagikan serta mempromosikan inovasi pembangunan yang dilakukan.

"Anggota tim dibentuk melalui forum musyawarah di kecamatan seperti ini yang melibatkan perwakilan dari desa-desa," ujar Hisbullah usai memimpin sosialisasi, Selasa (5/12/2017).

Sementara, Camat Bangilan melalui Kasi Kesra menambahkan, program inovasi desa ini diharapakan dapat mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas.

Pihaknya juga menginginkan program inovasi desa ini didesain melalui strategi pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan. Terkhusus menurut dia, dalam bidang pengembangan ekonomi lokal, kewirausahaan, pengembangan sumberdaya manusia, pelayanan sosial dasar, serta infrastruktur desa.

"Melalui program ini, diharapkan mampu memunculkan inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat," ulas Kasie Kesra, In Fatimah panjang lebar. [rof/ito]