Melalui Seminar, Pemuda Jatirogo Bangun Sistem Tanggulangi Kenakalan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam rangka menumbuhkan kesadaran pemuda mengenai permasalahan yang dihadapi di sekitar, sekelompok pemuda di Jatirogo menggelar Seminar Kepemudaan, Minggu (29/10/2017). Organisasi kepemudaaan yang menamakan dirinya Abhinaya Curnita Truna (ACT) itu menginginkan kesadaran pemuda untuk bersama-sama menjaga daerahnya dari tindakan yang berdampak kepada nama baik pribadi dan daerahnya.

Ketua ACT, Herdin Edo Giovanni ketika ditemui blokTuban.com di Aula Kecamatan Jatirogo mengatakan, adanya seminar tersebut sebagai bentuk kepedulian pada pemuda sekitar dan dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pada acara tersebut, ACT mendatangkan jajaran Forkopimka Jatirogo sebagai pembicara pada acara yang berlangsung sehari itu.

"Tujuan kami, ingin berbagi pengetahuan kepada pemuda mengenai isu permasalahan pada saat ini, seperti penyalahgunaan Narkoba, pergaulan bebas, dan kurangnya lowongan pekerjaan," terang Edo, sapaan akrabnya.

Seminar yang mengambil tema 'Selamatkan Generasi Anak Bangsa untuk Menjadi Generasi Yang Tangguh Menuju Generasi Milenial yang Progresif' itu, diharapkan dapat mengarahkan pemuda Jatirogo dan sekitarnya menjadi generasi milenial yang siap menghadapi tantangan kekinian.

Dari pantauan di lokasi, kegiatan seminar itu diikuti tidak kurang dari 100 pemuda dan pelajar. Mahasiswa Antropologi Unair Surabaya itu juga menegaskan, pemuda agar memiliki perhatian yang serius dan terfokus untuk mengarahkan pemuda lain ke arah yang lebih positif.

"Seminar ini kita titik beratkan untuk terciptanya suatu system dalam menanggulangi kenakalan di kalangan remaja," tandasnya.

Di kesempatan lain, seorang peserta perempuan, Dewi Mursiah mengaku tercerahkan mengenai cara menanggulangi kenakalan remaja. Siswi SMKN Jatirogo itu mengklaim, untuk berani bertindak mulai dari dirinya sendiri.

"Sebagai generasi muda kita dituntut untuk bisa memerangi kegiatan negatif di sekitar. Dengan asumsi, kita harus bisa berperan mengembangkan sumber daya alam maupun manusia di sekitar kita," tukas siswa kelas X RPL itu. [rof/col]