Wabup Apresiasi Kunjungan PSP Kementan di Karangtinoto

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Wakil Bupati Tuban H. Noor Nahar Hussein, menerima kunjungan Direktorat Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Kementerian Pertanian (Kementan) di Desa Karangtinoto Kecamatan Rengel.

Kunjungan tersebut terkait dengan evaluasi pelaksanaan dan perkembangan penggunaan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) di desa setempat. Juga sekaligus pembukaan lomba ‘Nraktor’ dan penggunaan Transplanter oleh HIPPA Tirtotinoto yang dilaksanakan di Desa Karangtinoto, Kamis (12/10/2017) kemarin.

Dalam paparanya, Wabup memberikan apresiasi dan terima kasih atas perhatian lebih dari Dirjen PSP Kementerian Pertanian, terutama untuk bantuan alsintan pada tiga tahun terakhir sebagai stimulan dari Pemerintah pusat kepada petani di Kabupaten Tuban.

“Ada empat kecamatan di Kabupaten Tuban yang berperan sebagai penyangga pertanian dengan luas 28.000 Hektar, pertanian di sini memakai sistem yang dikenal dengan ‘Arealan’,”. Kata Wabub dalam sambutanya.

Ia berharap, pengurus HIPPA Tirtotinoto dengan anggotanya, kedepan dapat mengolah hasil panen tidak hanya pada produksi gabah saja, namun dapat mengolah gabah tersebut menjadi beras premium. Hal ini tentu akan membawa nilai yang lebih dan akan menambah kejehateraan petani.

Sementara itu, Ketua HIPPA Tirtotinoto, Kasadi menyampaikan, akan menindaklanjuti atensi dari Wabup dan kedepan dapat merealisasikan harapan tersebut. “Saat ini HIPPA Tirtotinoto memiliki lahan seluas 163 Hektar, 1.134 Anggota dengan 4 Kelompok Tani. Adapun aset yang dimiliki berupa dana sebesar 1,9 miliar dan berupa barang sebesar 2,4 miliar,” tutupnya. [hud/rom]