Kurang dari Satu Jam, 700 Popok Ditemukan di Kabupaten Peraih Adipura

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sebagai upaya peduli lingkungan, Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban melakukan kegiatan bersih-bersih pantai dan sungai, tepatnya di sebelah utara Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Kamis (12/10/2017), sore.

Bukan sembarang sampah yang dipungut, melainkan sampah jenis diapers atau sejenis sampah popok.

Tak memerlukan waktu lama, kurang dari satu jam mahasiswa bersama aktivis lingkungan berhasil mengumpulkan sekitar 700 popok di kabupaten peraih Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) pada bulan Agustus lalu ini.

Popok yang ditemukan berasal dari permukaan pantai, ada pula yang sudah tertimbun di tanah berhasil diangkat untuk dikumpulkan. Dengan menggunakan kantong kresek hitam berukuran besar, akhirnya terkumpul sekitar 12 kantong.

Menurut Linda, salah seorang aktivis lingkungan, kegiatan bersih-bersih sampah diapers ini dilakukan karena masih banyak sampah yang dijumpai di sekitar pantai dan sungai.

Seperti sekarang ini, dia mengungkapkan tak kurang dari 10 kantong kresek hitam berukuran besar telah dipenuhi sampah jenis popok.

"Banyak sekali kita temukan popok atau sampah diapers, ini tidak sampai satu jam dan hanya dilakukan di satu titik saja," ujar Linda sambil memungut popok di pantai.

Sementara itu, Kaprodi Biologi, FMIPA Unirow, Anisa Rahmawati, menyatakan sampah diapers yang ditemukan di pantai ini cukup banyak. Hal itu bisa dilihat dari sampah popok yang didapat, yaitu sekitar 700 popok.

"Kalau di satu titik mendapatkan 700 popok ya tergolong banyak, apalagi ini sekitar saluran sungai," pungkasnya.[nok/col]