Selain Kartu, Petani Dapat Pinjaman KUR

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Selama 3 hari ini, salah satu bank nasional yang ditunjuk pemerintah menyalurkan sebanyak 1.537 Kartu Tani di Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban.

Disamping itu, bank tersebut juga meluncurkan program pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada 153 petani yang layak untuk mendapatkan pinjaman.

"Bertepatan dengan penyaluran Kartu Tani ini, kita juga menyalurkan KUR kepada petani, dengan tujuan untuk meringankan petani di awal musim tanam," ungkap salah satu petugas bank tersebut, Dhanang.

Dhanang memaparkan, sebanyak 153 petani telah memenuhi syarat untuk mendapatkan KUR, yang besar nominal KUR seluruhnya Rp600 juta.

"Dengan adanya KUR, petani mendapatkan modal dengan bunga yang sangat rendah (9 persen efektif setara dengan 0,4 perbulan)," papar Dhanang.

Adapun untuk syarat mendapatkan KUR Tani adalah pemegang Kartu Tani, tidak sedang mendapatkan kredit produktif dari bank lain, harus sesuai dengan rekomendasi dari Collection Agent (Ketua Poktan, Pemilik Kios Resmi). [hud/rom]