Pasien Miskin Asal Jatirogo Terima SPM

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pasien miskin asal Desa Kedungmakam, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban akhirnya mendapat Surat Pernyataan Miskin (SPM) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban sebagai ganti Kartu Indonesia Sehat (KIS). Sehingga, saat ini semua beban pembiayaan perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. R. Koesma Tuban ditanggung pemerintah setempat.

"Saat ini pasien telah menerima SPM, maka pembiayaan di RSUD gratis," ujar Kepala Dinkes Kabupaten Tuban, Saiful Hadi.

Pria yang juga menjabat sebagai Plt Direktur RSUD Tuban itu menambahkan, berharap bagi Pemerintah Desa di Kabupaten, jika ada warganya yang benar-benar miskin untuk diajukan kartu jaminan. Tujuannya agar masyarakat miskin tetap menerima haknya akan layanan kesehatan dan kesejahteraan maupun pendidikan.

"Ya harus dibuatkan KIS, KIP dan KKS. Ini baru tepat sasaran dan terpadu sebagai jaminan kesehatan, pendidikan dan tunjangan kesejahteraan. Namun harus yang miskin beneran," tegasnya.

Sementara keluarga pasien miskin, Painah mengaku bisa bernafas lega, sebab segala pembayaran telah ditanggung Pemerintah Daerah Tuban. Selain itu, menurut informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, biaya sebelum SPM juga disanggupi Kadinkes Tuban, Saiful Hadi.

"Terima kasih pemerintah telah membantu kami warga miskin untuk mendapat pengobatan di rumah sakit," kata Maliki, suami Painah.

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, pasien kini dirawat di ruang Anggrek RSUD Tuban. Tampak juga, beberapa keluarga saat ini juga sedang menamani di ruang III A itu. [rof/ito]