Museum Kambang Putih Simpan 5.774 Benda Sejarah

Reporter: Moch. Sudarsono
 
blokTuban.com - Sebanyak 5.774 benda bersejarah ada di dalam Museum Kambang Putih Tuban. Benda-benda tersebut merupakan peninggalan pada masa lalu, sebelum kemerdekaan bangsa Indonesia.

Beberapa benda bersejarah yang berada di dalam museum tersebut, diantaranya menyimpan koleksi seperti nekara dari bahan perunggu, Arca Mahakala, patung keramik dari abad ke 14 yang berasal dari Jingdezhen Provinsi Jiangxi, China, yang ditemukan di laut utara Tuban dan masih banyak peninggalan benda kuno lainnya.

Selain benda bebatuan tersebut, adapula jangkar berukuran besar dengan ketinggian sekitar 182 centimeter. Pada bentuk jangkar tersebut, terdapat empat kaitan di bagian ujungnya yang berfungsi sebagai pengait di dasar laut. Jangkar itu ditemukan di wilayah Perairan laut Bancar.

Kepala Museum Kambang Putih, Santi Puji Rahayu mengatakan, koleksi yang dimiliki museum ini merupakan benda-benda bersejarah pada masa lampau. Baik patung, benda keramik dan jangkar berukuran besar itu merupakan benda peninggalan pra-kemerdekaan, meski beberapa benda diantaranya ada yang memasuki masa kemerdekaan.

“Itu benda-benda kuno yang dikumpulkan dari beberapa wilayah yang ada di Tuban, jumlahnya ada sebanyak 5.774,” ujarnya kepada blokTuban.com, Kamis (18/5/2017).

Santi sapaan akrabnya melanjutkan, adapun benda-benda bersejarah yang secara kurun waktu masih masuk masa kemerdekaan adalah seperti alat membuat batik khas Tuban yaitu batik Gedok. Selain alat, kain tenun batik gedok motif Lok Can yang berasal dari Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Tuban juga ada.
 
“Batik khas Tuban ada di museum ini, karena batik tersebut merupakan kekayaan asli dari Tuban,” pungkasnya. [nok/rom]