Petugas Grebek Tempat Produksi Arak di Balik Rak Sepatu

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Petugas Polsek Semanding bersama Satpol PP menggrebek tempat produksi arak, di Gang Dukuh, Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Tuban, Senin (1/4/2017).

Dalam penggrebekan tersebut, Petugas mengamankan arak jadi siap edar, dan beberapa drum arak baceman.

Cukup rumit menemukan titik produksi arak yang ada di dalam rumah tersebut, pasalnya tempat produksi berada di balik dinding yang tertutup. Pemilik mengelabui petugas dengan membuat rak sepatu yang berfungsi sebagai pintu masuk menuju tempat produksi.

Pemilik arak, KSTW (Pr, 46) tak berkutik saat petugas datang secara tiba-tiba di rumahnya. Dia hanya bisa pasrah saat petugas gabungan mulai membuang arak dan mengangkut sejumlah barang bukti miliknya.

Kapolsek Semanding, AKP. Desis Susilo mengatakan, bahwa penggrebekan berasal dari informasi warga. Lalu petugas mendatangi lokasi, dan benar di rumah ditemukan tempat pembutan arak.

"1 dandang tembaga, 2 jurigeen (70) liter dan siap edar, 5 drum isi baceman total 1.000 Liter, 1 buah LPG dan kompor, 90 botol kosong, 1 gendung warna merah, 1 buah sirkulasi, telah kita amankan," ujar Desis kepada blokTuban.com.

Desis menambahkan, untuk pemilik sendiri akan diperiksa lebih lanjut mengenai aktivitas peredaran produksinya selama ini.

"Kita akan melakukan pengembangan dan pemberkasan, pemilik dijerat UU RI NO.18 tahun 2012 Tentang Pangan," pungkasnya​. [nok/rom]