Anak Petani yang Sejak SMP Sering Boyong Juara

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com – Candra Marimar, gadis belia berusia 16 tahun ini telah mengharumkan nama bangsa Indonesia melalui kejuaraan gulat South Asean Championship. Dimana ajang tersebut merupakan kejuaraan gulat tingkat Asean.

Gadis yang lahir di Dusun Sumbungrejo, Desa Pandanagung Kecamatan Soko Kabupaten Tuban, 13 Maret 2001 silam ini mampu meraih juara pada pertandingan Gulat South East Asian Junior dan Cadet Wrestling Championships yang digelar di Thailand awal April 2017. Atas hasil yang diraihnya itu, dia berhasil mempersembahkan medali perak bagi Bangsa Indonesia.

“Alhamdulillah bisa meraih juara dua dan bisa mempersembahkan medali perak bagi Negara,” Kata Candra kepada blokTuban.com saat berada di Kantor KONI Tuban, Jumat (14/4/2017).

Candra merupakan siswi kelas 1 SMAN Olahraga Jawa Timur (SMANOR), dimana sekolah ini adalah sekolah para atlet dari berbagai kota di Jawa Timur. Dia diterima di sekolah tersebut karena prestasinya di bidang gulat sejak bersekolah di SMPN 2 Soko Tuban, yang waktu itu pernah meraih Juara 1 POPDA Jatim serta Juara 1 Kejurnas Gulat PPLP.

Selain itu, pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) 2014 di Lamongan, ia juga mendapat juara 1, Kejuaraan daerah di Kediri juara 2 dan kejuaraan daerah di Pacitan juara 1. Dan menjadi atlet terbaik kelas 44 Kg pada Popda di tahun 2015.

“Saya mulai berkiprah di olahraga Gulat sejak menduduki bangku SMP, saat itu saya terus berlatih agar bisa berprestasi,” papar Candra, sapaan akrab Candra Marimar.

Gadis dari tiga bersaudara ini terus meningkatkan prestasinya di bidang gulat, dia terus berlatih agar mampu meraih cita-citanya sebagai pegulat professional. Tentu dengan sekolah di SMANOR menjadi kesempatan baginya untuk mengasah kemampuan agar lebih baik.

“Di SMANOR saya terus berlatih tentunya, dan di sini jadwal berlatih sangat disiplin,” ungkapnya.

Dibalik prestasinya itu, Candra tidak malu dengan keadaan keluarganya yang berlatar belakang sebagai petani. Pekerjaan kedua orang tuanya itu justru mampu menjadi obor baginya untuk terus berkiprah menjadi atlet gulat professional.

“Saya tidak malu dengan keadaan orang tua saya sebagai petani, karena merekalah saya bisa ada sampai sekarang,” pungkasnya. [nok/rom]

Profil Singkat:
Nama: Candra Marimar
Tempat Tanggal Lahir: Tuban, 13 Maret 2001
Alamat: Desa Pandanagung, Kecamatan Soko, Tuban
Orang Tua:
- Sumadi (55)
- Jumiah (50)

Prestasi:
2014 - Juara 1 Kejuaraan Daerah Lamongan
           Juara 1 Kejuaraan Daerah Pacitan
           Juara 2 Kejuaraan Daerah Kediri
2015 - Atlet terbaik gulat kelas 44 Popda
2017 -Juara 2 South East Asian Junior dan Cadet Wrestling Championships di Thailand.