Tingkatkan Produksi, Tapen Complex akan Dilakukan Infill Drilling

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam usaha meningkatkan produksi minyak, PT Pertamina EP Asset 4 akan berkonsentrasi pada Sumur Tapen di Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur di tahun 2017 ini.

Adalah infill drilling, salah satu cara yang akan dilakukan untuk meningkatkan maupun mempertahankan laju produksi pada lapangan minyak di Tuban selatan. Sehingga kebutuhan energi dapat tercukupi secara maksimal.

"Untuk sementara yang aktif produksi hanya Sumur Tapen 01 (TPN-01), makanya kita akan infill drilling di Tapen Complex," kata Field Manager PT Pertamina EP Asset 4, Agus Amperianto, Kamis (9/3/2017).

Dijelaskan pria kelahiran Semarang itu, infill drilling merupakan pemboran pengembangan di tengah lapangan yang sudah ada, seperti Sumur TPN-01. Hal itu dilakukan dengan menambah titik pengurasan, sehingga dapat meningkatkan produksi.

Kapan akan dimulai infill drilling? Agus begitu ia disapa kepada blokTuban.com menjawab, tahun ini. Pihaknya berencana akan mengebor 2 sumur dengan masing-masing pemboran infill ditargetkan bisa diperoleh 150 Barrels of Oil per Day (BOPD).

"Hasil produksi Tapen-01 saat ini sekitar 90 BOPD, dengan dilakukan infill drilling diharapkan hasil produksi bisa meningkat," pungkasnya. [rof/rom]