Awal April Nanti Tiga Perpustakaan akan Dilaunching

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Beberapa perpustakaan di daerah pinggiran Tuban bakal dilaunching. Sedikitnya tiga lagi perpustakaan di tiga kecamatan akan dibuka pada awal April mendatang.

Kepala Perpustakaan Umum Daerah Tuban, Joko Prijono mengatakan, tiga perpustakaan yang akan dibuka kedepan ada di Tambakboyo, Widang dan Palang. Dimana sebelumnya sudah ada lima kecamatan yang memiliki perpustakaan, yakni di Jatirogo, Kenduruan, Rengel, Jenu dan Kerek.

"Tujuannya agar layanan perpustakaan tidak hanya di kota," kata Joko kepada blokTuban.com.

Sementara ini, ia menjelaskan, untuk membuka tiga perpustakaan tersebut pihaknya memanfaatkan beberapa bangunan milik pemerintah Kabupaten Tuban yang tidak lagi digunakan. Saat ini tengah dilakukan persiapan renovasi fisik.

"Contohnya di Tambakboyo kita gunakan bekas kantor Pembantu Bupati zaman dulu, terus dimanfaatkan untuk perpustakaan di tingkat kecamatan," katanya.

Sedangkan untuk Perpustakaan Kecamatan Palang, mereka memanfaatkan bekas kantor kecamatan lama. Serta untuk Kecamatan Widang, gedung eks PKK yang tidak difungsikan mulai direnovasi kembali untuk bakal perpustakaan.

"Untuk sementara leles (menggunakan bekas) dulu tidak apa-apa yang penting bermanfaat," pungkasnya. [dwi/rom]