Perpustakaan Sekolah Diproyeksi Mampu Manfaatkan IT

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pengelolaan bahan pustaka atau perpustakaan di sekolah jenjang dasar dan menengah pertama Kecamatan Tuban kota diproyeksikan mampu memanfaatkan perkembangan Informasi dan Teknologi (IT).

Kepala Perpustakaan Umum Daerah Tuban, Joko Prijono mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya bimbingan teknis (bimtek) otomasi kepada sejumlah pengelola perpustakaan sekolah, Selasa (21/2/2017). Kurang lebih 40 orang menerima materi pengelolaan perpustakaan yang terlibat langsung dalam penyediaan bahan bacaan bagi peserta didik.

"Bimtek kali ini sebagai tindaklanjut dari instalasi aplikasi INLISLite yang telah dilakukan di beberapa sekolah SD dan SMP di Kabupaten Tuban," kata Joko kepada blokTuban.com.

Seperti diketahui, INLISLite merupakan perangkat lunak (software) aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) sejak tahun 2011. Dengan adanya bimtek ini, Joko berharap dapat menjadi pilot projek dan kemudian nanti bisa menularkan pengetahuan yang didapat kepada sekolah lain.

Setelah bimtek yang dilakukan di lantai dua gedung Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tuban ini, lanjut Joko, akan dilakukan monitoring dan evaluasi kembali. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman pengelola perpustakaan ini mengimplementasikan aplikasi INLISLite tersebut.

"Kalaupun mereka (pengelola perpustakaan) belum faham, pihak sekolah dapat meminta bantuan pihak kami untuk datang dan menerangkan kembali bagian yang tidak dipahami dalam menjalankan aplikasi ini," ujarnya. [dwi/rom]