Mahasiswa KKN STAI Al-Hikmah Bekali Warga Teknik Hidroponik

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com  - Mahasiswa-mahasiswi peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Participatory Action Reserch (PAR) 2017 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hikmah Tuban di Desa Selogabus, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban menggelar Seminar Hidroponik.

Seminar dengan tema 'Pesona Hidroponik Menuju Hidup Sehat dan Kreatif' tersebut diselenggarakan di Balai Desa Selogabus, Kecamatan Parengan, dengan dihadiri Narasumber dari Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Parengan, dan dari IDfos Indonesia.

Kepada blokTuban.com Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN STAI Al-Hikmah, Niswatin Nurul Hidayati, mengatakan sudah seharusnya mahasiswa peserta KKN, mampu berbaur dengan warga setempat, serta mengabdi untuk perubahan. Sehingga, akhirnya terjadi sinergitas kampus dengan masyarakat yang merasakan manfaat keberadaan mahasiswa studi KKN di desa tersebut.

"Kampus mengharuskan Peserta KKN 2017 untuk dapat Partisipatory Action Reserch (PAR) di lingkungan desa setempat," katanya.

Menurut Niswatin, kegiatan ini sebagai bentuk implementasi dharma pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan pengembangan dan membangun sumber daya manusia melalui pelatihan Hidroponik yang ditujukan kepada warga setempat.

Sementara itu, pihak UPTD Pertanian Kecamatan Parengan Suradi, memberikan pengetahuan Hidroponik dan pembuatan pupuk organik yang digunakan tanaman pekarangan seperti terong, tomat dan cabai. [hud/col]