10:00 . Berakhir 5 Juni 2022, Segera Daftarkan Diri di Program Kampus Mengajar Angkatan 4   |   09:00 . Subsidi Minyak Goreng Berakhir 31 Mei, Tiga Pilar Jatirogo Cek Stok di Pasar Tradisional   |   08:00 . Bahaya Makan Mie Instan yang Perlu Diwaspadai, Hindari Mengonsumsinya Terlalu Sering   |   18:00 . Sejumlah Nelayan Palang Nekat Melaut Meski Ancaman Ombak Tinggi   |   17:00 . Info Grafis : Fakta Banjir Rob di Tuban   |   16:00 . 593 CJH Latihan Manasik Haji di Lapangan Perumdin SIG Ghopo Tuban   |   15:00 . Wabah PMK Merebak, Penjualan Daging Sapi di Plumpang Masih Stabil   |   14:00 . Waspada! Angka Kasus PMK di Tuban Naik, Sapi Terinfeksi Menyebar di 14 Kecamatan   |   13:00 . Jasad Nelayan Lamongan Ditemukan Mengapung di Perairan Tuban, Ini Identitasnya   |   12:00 . 5 Perguruan Silat Jenu Komitmen Ciptakan Suasana Kondusif di Kawasan Industri   |   11:00 . Sesalkan Pembangunan Jembatan Glendeng Buru-buru, KNPI: Pemkab Tuban Rugikan Pengguna Jalan   |   10:00 . Sampah Meluber Pasca Banjir Rob, Pedagang di Pantai Magrove Tuban Mulai Bersih-bersih   |   09:00 . Fasilitas Olahraga di Tuban Rusak Diterjang Ombak, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta   |   08:00 . Ini Keunggulan Bumbu Dapur Menjadi Bahan Herbal Sebagai Obat Batuk   |   19:00 . Kandang Rusak Diterjang Banjir Rob, Peternak Ayam Aduan Rugi Rp10 Juta   |  
Fri, 27 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

M Ali Baharudin, Peternak Ikan Lele

Berdayakan Puluhan Pembudidaya Ikan Lele

bloktuban.com | Monday, 20 February 2017 06:00

Berdayakan Puluhan Pembudidaya Ikan Lele

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Berapa petak kolam penuh berisi ikan lele di samping rumah M Ali Baharudin. Ikan yang memiliki nama latin Clarias ini telah menjadi bagian usaha ia memberdayakan peternak ikan lele ini.

Saat blokTuban mengunjungi kediamannya di Desa Prambonwetan, Kecamatan Rengel ia tengah memberi makan ikan yang beberapa bulan lagi siap untuk dipanen. Menggeluti ternak lele telah ia lakukan sejak 2007 lalu. Awalnya berniat untuk memberikan kesibukan bagi orang tuanya. Namun belakangan ia mulai menemukan alasan untuk serius membudidayakan lele dan memberdayakan sejumlah pertenak lainnya.

"Setelah dua bulan lebih panen, saya kalkulasi biaya bibit dan pakan walau saya bagikan sebagian ke tetangga ternyata ada nilai prospekstif dijadikan usaha," kata pria yang juga berstatus Pegawai Negeri tersebut.

Kemudian ia membentuk kelompok yang pada awal lalu terdiri 16 sesama peternakan lele yang bergabung dengannya. Dari kelompok kecil tersebut mereka mulai menemukan formula untuk budidaya lele, memenuhi kebutuhan pakan hingga pemasaran.

Saat itu, ujarnya kepada blokTuban.com dari bibit ikan lele sebanyak 500 ekor. Pada beberapa bulan kemudian, tiba musim panen ia mendapat keuntungan bersih Rp 600.000. Lantas ia berfikir bagaimana kalau bibit 100.000 ekor untuk kemudian dikembangmbangkan dalam usaha. Namun berkaitan dengan hasil besar juga butuh modal besar.

"Dari satu kali panen saya belajar membudidayakan lele dalam kolam agak besar ukuran 3x6 meter," lanjutnya.

Bersama kelompok yang kemudian di bawah wadah Pokdakan Ragajati, ia mempelajari sifat dan menghafalkan fenomena beternak ikan air tawar tersebut. Beberapa buku teori dan penyuluhan yang diterima dari dinas terkait bahkan menurutnya masih belum cukup.

"Budidaya lele butuh pengalaman, setidaknya untuk bisa memprediksi barus dipelajari kurang lebih dua tahun menghafalkan fenomena yang terjadi pada alam," tambahnya.

Kini hampir 10 tahun berjalan, dari 16 anggota kelompok peternak lele bertahan 7 orang. Sebab persaingan di lapangan dan naik turun permintaan ikan lele menjadi alasan sebagian dari mereka gulung tikar.

Katanya, untuk menjadi peternak kelas besar setidaknya harus memiliki dana cadangan sewaktu-waktu harga di pasaran turun drastis. Sehingga tidak ada pilihan lain menjual ikan dengan harga rendah dan terkadang tidak kembali modal.

"Jika ditotal sekarang dari 7 orang jika ditarik kebawah ada 40 anggota yang tergabung dengan kami," pungkasnya.[dwi/ito]

Tag : ternak, budidaya, lele, prambonwetan, rengel



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 25 May 2022 14:00

    PDKI Terus Kawal Pembangunan Industri di Tuban

    PDKI Terus Kawal Pembangunan Industri di Tuban Tuban merupakan rumah bagi industri besar skala nasional dan multinasional didalamnya. Sepanjang tahun 2020 realisasi penanaman modal asing (PMA) di Tuban mencapai 5,9 triliun rupiah yang menempatkan Tuban sebagai penyokong...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more