Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam rangka memperkecil gesekan antar perguruan Pencak Silat di Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur para pendekar berencana membentuk sebuah paguyuban. Selain itu, tujuan lain dibentuknya sebuah paguyuban guna mempermudah koordinasi antar organisasi untuk menyiapkan atlet.

Perwakilan organisasi Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Samsul Hadi mengatakan, pihaknya selaku inisiator berharap dengan rencana membentuk Paguyuban Pencak Silat antar perguruan dapat meminimalisir pergesekan antar pendekar. Dengan begitu ketika ada konflik personal antar organisasi, paguyuban berperan aktif menyelesaikan secara internal.

"Di dalam paguyuban ada masing-masing perwakilan yang menjadi diplomator perdamaian, sehingga permasalahan tidak menjadi berlarut-larut karena penyelesainnya cepat," jelasnya, saat ditemui usia rapat bersama Forum Pimpinan Kecamatan Singgahan dan antar perguruan, Kamis (9/2/2017).

Pria yang juga Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Olahraga (Cabor) Pencak Silat itu menjelaskan, dengan adanya paguyuban antar organisasi Pencak Silat diharapkan bisa mempermudah pemerintah menggali potensi atlet Pencak Silat. Selain itu pihaknya juga lebih mudah melakukan pengawasan guna melakukan pembinaan bibit-bibit atlet dari semua organisasi.

"Selain itu adanya Paguyuban Pencak Silat bertujuan mengubah paradigma baru di dunia persilatan dengan menjunjung sportifitas untuk juara," tegasnya.

Secara terpisah, perwakilan organisasi IKS.PI Kera Sakti, Abdul Jalal Dimyati menilai langkah pembentukan paguyuban antar organisasi Pencak Silat merupakan hal yang patut diapresiasi. Sebab, dengan adanya rasa persatuan dan kesatuan antar pendekar kedamaian bisa didapatkan.

Untuk itu, pihaknya berharap anggota organisasi Pencak Silat yang lain untuk bersama mendukung program Pemerintah setempat untuk kedamaian. "Kami sebagai insan perguruan mendukung penuh rencana tersebut, guna mempesatukan perguruan yang berbeda ideologi tersebut," ungkapnya.

Dari hasil pertemuan awal antar organisasi Pencak Silat se-Kecamatan Singgahan, pihak pendekar menginginkan Pemerintah setempat ikut berperan aktif. Selain itu, pemerintah juga diharapkan bisa membantu secara moril maupun materiil untuk kemajuan organisasi antar perguruan nantinya.

"Kita berharap pemerintah maupun stakeholder semua mendukung, supaya yang menjadi cita-cita bersama bisa terwujud," pungkasnya. [rof/col]