Cuaca Buruk, Nelayan di Glondonggede Tidak Melaut

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Cuaca buruk yang melanda wilayah perairan utara Tuban sejak beberapa hari terakhir, membuat sebagian nelayan di Kabupaten Tuban enggan melaut.

Kondisi itu nampak di Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo. Cuaca buruk ini puluhan perahu milik nelayan hanya disandarkan di bibir pantai, sedangkan pemiliknya melakukan aktifitas perbaikan peralatan melaut.

Salah satu nelayan di Desa Glondonggede Ngadiran, mengatakan sudah sekitar satu minggu ini ia tidak melaut, dikarenakan ombaknya besar. Sehingga, kegiatan sehari-harinya sementara ini hanya memperbaiki jaring, perahu dan peralatan melaut yang lain.

"Ombaknya besar mas, sudah sekitar satu minggu ini tidak berani melaut sama sekali," kata Ngadiran kepada blokTuban.com, Kamis (9/2/2017).

Nelayan lain Sudiman (40) mengatakan hal senada dengan Ngadiran, selama kurang lebih satu minggu ini ia tidak melaut, karena ombaknya besar dan resiko apabila tetap melaut sangat tinggi.

"Sementara ini, hanya memperbaiki perlengkapan yang mengalami kerusakan," kata Sudiman.

Ia menambahkan, dengan kondisi seperti ini, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ia mengandalkan tabungannya yang kemarin, namun apabila kondisi ini berlangsung lama terpaksa mengandalkan pinjaman dari tetangga.[hud/ito]