Petugas Pertanian Klaim Padi Montong Aman dari Hama Wereng

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa hari yang lalu dikabarkan bahwa Hama Wereng menyerang tanaman padi milik petani di sebagian wilayah di Kabupaten Tuban, seperti Kecamatan Singgahan. Namun tidak pada padi di Kecamatan Montong. Petugas pertanian Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban mengklaim, tanaman padi milik para petani di kecamatan setempat yang rata-rata telah berumur 80 hari aman dari Hama Wereng.

Hal itu disampaikan oleh Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan-Pengamat Hama dan Penyakit (POPT-PHP) Kecamatan Montong
Sunarto, Selasa (10/1/2017). Ia mengatakan, bahwa hingga padi berusia kurang lebih 45-60 hari, petani tidak ada yang melaporkan tanaman padinya terserang hama wereng.

"Memang daerah lain sudah ada serangan hama wereng, namun untuk kawasan Kecamatan Montong masih aman," ungkap Sunarto kepada blokTuban.com.

Meskipun begitu, tambah Sunarto, ia bersama petugas pertanian Kecamatan Montong terus melakukan pengamatan rutin dan bila ditemukan tanda-tanda populasi hama wereng coklat, langsung dilakukan pengendalian.

"Pengendalian dengan penyemprotan menggunakan agens hayati beauveria atau bisa insektisida untuk wereng," tambah Sunarto. [hud/rom]