Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Setiap tahun perkembangan kelompoktani di Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. Jumlah kelompok tani terus mengalami peningkatan, pertahun peningkatan jumlah kelompok tani mencapai empat sampai lima kelompok tani baru.

Dari data yang berhasil dihimpun blokTuban dikantor Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Unit Pelaksana Teknis Badan-Balai Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (UPTB-BPKP) Kcamatan Parengan hingga akhir 2016 jumlah kelompoktani di Kecamatan Parengan ada 105 kelompok tani.

"Dari delapanbelas desa di Kecamatan Parengan ada sebanyak 105 kelompok tani," ungkap Penyuluh Prtanian Lapangan (PPL) Kecamatan Parengan Samsudibyo.

Ia menambahkan, hingga saat ini satu desa ada yang mempunya jumlah kelompok tani hingga delapan sampai sembilan, namun dibandingkan dengan kecamatan lain, jumlah peningkatan kelompoktani baru di Kecamatan Parengan tidak begitu signifikan.

Lanjut Samsudibyo, kelompoktani merupakan wadah belajar mengajar bagi anggotanya guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, "Diharapkan dengan semakin bertambahnya jumlah kelompoktani, produktivitasnya semakin meningkat, pendapatannya bertambah serta kehidupan yang lebih sejahtera," pungkasnya. [hud/ito]