Banjir Surut, SK Tanggap Darurat Diperpanjang Lima Hari

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kondisi banjir akibat luberan sungai Bengawan Solo hari ini, Sabtu (3/12/2016) di sejumlah wilayah Kabupaten Tuban mulai surut.

Informasi dari Plt Kepala BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono mengatakan saat ini Tinggi Muka Airir (TMA) Babat pada siang ini berada pada posisi stabil, yakni 8.70 pheilschaal. Sementara pada TMA Karangnongko mencapai 25.75 pheilschaal dengan tren positif dan pada TMA Bojonegoro berada pada skala 13.85
8.70 juga menunjukkan tren positif.

"Saat ini berbeda dari hari-hari kemarin yang selalu naik. Diharapkan kian stabil turun dan di lapangan juga sudah surut sekitar 30 centimeter," terang Joko.

Kendati demikian, imbauan untuk evakuasibagi masyarakat terdampak banjir masih dilakukan. Hal demikian diutamakan bagi keselamatan warga yang merasa tidak lagi dapat bertahan di rumah.

"SK Tanggap Darurat dari Bupati sejak tanggal 28 November 2016 dan akan diperpanjang lima hari kedepan," kata Joko kepada blokTuban.com.

Sementara itu, Joko menambahkan terdapat empat posko utama pada masing-masing kecamatan terdampak banjir yang bisa dimanfaatkan warga untuk evakuasi.[dwi/ito]