13:00 . Serunya Lomba Estafet Karet Gelang di Lapas Tuban   |   12:00 . Sabtu 13 Agustus 2022 : Beras, Minyak Goreng, Daging hingga Cabai di Tuban Turun Harga   |   11:00 . Obat Alami JSR Atasi Kolesterol, Asam urat dan Darah Tinggi Sekaligus   |   10:00 . Lirik Lagu 'Sang Dewi' - Lyodra Feat Andi Rianto Trending di Youtube Musik Indonesia   |   09:00 . Cerita Sekeluarga Alumni Unair Raih Rekor Muri: Ini Bukan yang Istimewa   |   08:00 . 4 Sifat Wajib Rasul Allah, Patut Dijadikan Teladan Umat I Muslim   |   07:00 . Alasan Pemkab/Kota Harus Membentuk Satgas Patroli Pencemaran Air Bengawan Solo   |   06:00 . 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja   |   05:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 13 Agustus 2022: Hujan Ringan di Beberapa Titik   |   19:00 . Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Disperpusip Tuban Akan Fasilitasi Studio Podcast   |   18:00 . Lampu Motor Tidak Dinyalkan Siang Hari? Segini Denda yang Harus Dibayar   |   17:00 . Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban   |   16:00 . Calok, Senjata Perang Khas Tuban Waktu Melawan Penjajah Tempo Dulu   |   15:00 . Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Tuban Gelar Lomba Tradisional dari Sunggi Tampah hingga Rambat Sarung   |   14:00 . Bertajuk Tuban Specta Night, Karnaval Umum Kabupaten Tuban Akan Digelar Malam Hari   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pemuda Lajang Rintis Budidaya Jamur di Lahan Bekas Tambang

bloktuban.com | Saturday, 24 September 2016 14:00

Pemuda Lajang Rintis Budidaya Jamur di Lahan Bekas Tambang

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Aly Duchroiny (29), pemuda lajang asal Dusun Mbecok, Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, memanfaatkan bekas lahan tambang batu kapur untuk budidaya jamur tiram.

Daerah tempat tinggalnya memang terkenal sebagai salah satu lokasi penambangan batu kumbung yang dikerjakan secara tradisional.

"Usaha ini baru saya rintis, ujicoba budidaya jamur tiram di goa yang merupakan bekas penambangan batu kumbung," jelas Aly Duchroiny, kepada blokTuban.com di lokasi usahanya, Sabtu (24/9/2016).

Ide ini bermula, ketika dia melihat cukup banyak lahan bekas tambang. Setelah tidak ditambang, tempat tersebut menjadi lorong dan goa yang berlumut karena ditinggalkan selama bertahun-tahun.

Tergerak memanfaatkan, dia lantas meneliti kondisi suhu di dalam lorong dan goa. Satu gua yang dipergunakan sebagai sampel, ternyata cukup lembab dan sejuk dengan suhu diantara 20 sampai 30 derajat celcius.

"Saya punya seorang kenalan petani jamur, dari hasil perbincangan ternyata suhu tersebut sama dengan suhu yang diperlukan buat budidaya jamur tiram," kata Aly.

Dari situlah ide memanfaatkan bekas lahan tambang yang tidak terpakai muncul. Sebagai percobaan, awalnya dia meletakan sekitar 50 bibit jamur. Ternyata jamur bisa tumbuh dengan baik sesuai harapan. Setelah merasa yakin, dia langsung menambah 500 bibit jamur dari temannya.

"Ternyata tempat yang lembab dan sejuk sangat cocok buat jamur, air yang dibutuhkan juga relatif sedikit dibanding dibudidayakan di rumah," tandasnya.

Lahan yang dimanfaatkan Aly merupakan milik warga yang tidak terpakai. Ada juga lahan bekas tambang yang cukup banyak dan berada di tanah milik Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Perhutani Tuban.

Selain itu, memanfaatkan goa bekas tambang bisa menghemat pengeluaran anggaran pembuatan rumah jamur yang bernilai jutaan rupiah. Cukup menyediakan rak dan bibit jamur sudah bisa dibudidayakan.

Sekarang jamur yang dibudidayakan Aly cukup berhasil. Dia optimis usahanya akan terus berkembang, karena pangsa pasar jamur masih tergolong cukup mudah. [pur/ito]

Tag : jamur, tiram, tambang, goa, kapur



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat