Kali Kening, Komunitas Literasi Tuban Selatan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Launching Komunitas Kali Kening di bendungan Mundri, Sidodadi, Bangilan Tuban, Rabu (25/8/2016) melahirkan para pembaca dan penulis di wilayah Tuban Selatan. Sejumlah pemuda dari berbagai daerah di belahan Bumi Wali bagian selatan itu memulai kegiatan dengan menjalin komitmen untuk menjadikan Tuban sebagai kota literasi.

Komunitas Kali Kening, sebuah komunitas literasi para pemuda di Bangilan dan sekitarnya akan segera melambungkan nama Kali Kening. Dengan mengambil filosofi Kali Kening itu, tidak hanya memiliki manfaat secara denotatif saja, namun makna konotatif atau makna asosiatif.

"Komunitas Kali Kening akan melahirkan sebuah karya yang dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat Bangilan dan sekitarnya," tutur Joyo Juwoto, penggagas komunitas literasi tersebut.

Adalah Ikal Hidayat Nur, nama pena dari Misbakhul Munir seorang penulis cerpen dan penulis puisi kondang yang tinggal di Bangilan menambahkan, Komunitas Kali Kening adalah komunitas literasi milik warga Tuban selatan.

Menurutnya, kali kening sendiri memiliki filosofi yang amat dalam. Kali atau sungai melambangkan sesuatu mengalir dan bergerak. Sedangkan kening berasal dari bahasa bening, bersih, atau suci.

"Semoga komunitas ini nantinya akan dinamis dan anggotanya produktif," imbuh Ikal.

Masih Ikal, harapan kedepan anggota Komunitas Kali Kening karya-karya yang diproduksi senantiasa menginspirasi sesama. Senada seperti apa yang disampaikan oleh Pramodya Ananta Toer, bahwa menulis adalah sebuah keberanian. "Maka saya ajak para pemuda semua untuk menulis," pungkasnya.[rof/ito]