Tiga Produk Unggulan Ada di Pameran Pembangunan Soko

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dari semua peserta yang turut memeriahkan Pameran Pembangunan dilaksanakan Pemerintah Kecamatan Soko, produk dari tiga desa diklaim sebagai produk unggulan.

Tiga produk tersebut merupakan milik tiga desa dari 23 desa di Kecamatan Soko. Produk unggulan tersebut yaitu tape bungkus daun ploso dari Desa Tluwe, Kerajinan sangkar burung dari Desa Pandanwangi dan belimbing dari Desa Gelagahsari.

"Dari Desa Pandanwangi, masyarakat dominan menggunakan kayu jati kilonan untuk menghasilkan barang berharga yaitu sangkar burung," kata Ketua Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Kecamatan Soko, Eko Suhartadi.

Sementara itu, produk tape asal Desa Tluwe, lanjut Eko tidak kalah unik. Sebab packaging atau pembungkusan menggunakan daun ploso. Daun ploso yang cukup unik dimana satu tangkai rata-rata terdapat beberapa lembar daun dan satu bundel tape biasanya terdiri dari lima bungkus tape.

"Kalau belimbing asal Gelagah cukup menonjol, tapi belum ada latihan khusus dalam pengolahan sehingga hanya dijual bentuk buah," kata Eko menabahkan.

Seperti diketahui, pameran pembangunan ini dilakukan untuk memnfasilitasi pengenalan produk dari masing-masing desa atau kelompok masyarakat di Kecamatan Soko. Selain itu pameran diharapkan memunculkan produk unggulan asal Soko yang dapat bersaing dengan kecamatan ataupun daerah lain.[dwi/ito]