Agustusan, Desa Pucangan Gelar Lomba Adzan dan Tanfidz

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Berbagai macam perlombaan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-71 digelar di berbagai desa maupun kecamatan. Hal ini bertujuan agar para masyarakat terhibur sekaligus ikut berpartisipasi untuk memeriahkan HUT RI dengan setiap perlombaan yang disuguhkan.

Disamping itu, setiap perlombaan yang diselenggarakan pasti terdapat nilai-nilai positifnya, seperti halnya perlombaan yang digelar di Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Senin (15/8/2016).

Dalam peringatan HUT RI ke-71 Pemerintah Desa Pucangan, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) STITMA Tuban 2016 menggelar lomba Adzan dan Tanfidz. Lomba tersebut digelar secara terbuka di depan Kantor Balai Desa Pucangan.

"Lomba Adzan dan Tanfidz tingkat Rukun Tetangga (RT) ini diikuti sekitar 52 peserta lebih, setiap RT ada yang mewakili dua hingga empat peserta," ungkap Santiko, Kepala Desa (Kades) Pucangan kepada blokTuban.com.

Lanjut Santiko, lomba yang baru pertama kali diselenggarakan di Desa Pucangan ini diharapkan menjadi agenda rutin perlombaan desa, selain itu setiap peserta adzan diharapkan juga bisa termotivasi untuk mengikuti lomba dijenjang yang lebih tinggi.

Terpisah, salah satu peserta lomba, Hilma (14), mengaku senang dengan adanya lomba tersebut, karena sebelumnya lomba Adzan dan Tanfidz ini belum pernah diadakan dan para peserta dikhususkan untuk usia maksimal 15 tahun.

"Para peserta kebanyakan para muadzin di musala tiap RT," pungkasnya.[hud/rom]