Pemkab akan Evaluasi Desa Model Tuban

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berencana melakukan evaluasi pembuatan desa model di sejumlah kecamatan. Diketahui, desa model merupakan salah satu program yang dibuat dengan tujuan pengentasan kemiskinan.

"Desa model akan dievaluasi demi perbaikan program pengentasan kemiskinan yang digalakkan Pemkab Tuban," jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana, kepada blokTuban.com, Sabtu (16/7/2016).

Budi menerangkan, masih ada beberapa kelemahan dalam pembuatan desa model. Secepatnya, di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), kelemahan-kelemahan itu akan diperbaiki dengan strategi-strategi yang lain.

"Contohnya, ternak bantuan dari pemerintah kepada warga ada yang dijual begitu saja sama penerima bantuan, karena si penerima bantuan tidak sanggup merawat atau ada kendala. Hal ini yang perlu kita evaluasi dan perlu dicarikan solusi lain," jelas Budi.

Meski dievaluasi, bukan berarti menghilangkan begitu saja program desa model. Program tersebut hanya akan dimodifikasi dengan menutup kelemahan-kelemahan dan kendala serta tetap mempertahankan keunggulannya. [pur/rom]