Harga Kacang Kering Capai 13.500 Perkilo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Saat ini panen raya Kacang Tanah telah dilakukan oleh para petani di Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban yang harganya menuai kepuasan bagi para petani, Rabu (8/6/2016).

Pasalnya, panen raya kali ini harga kacang tanah Rp13.200 sampai Rp13.500 untuk kacang tanah kering, sedangkan harga untuk kacang tanah basah mencapai Rp6.500.

Salah satu petani di Dusun Becok, Hartoyo (30) mengaku, panen raya kali ini harga memang lumayan tinggi, dibandingkan dengan musim panen tahun lalu. "Sekarang untuk harga Kacang Tanah basah mencapai Rp6.500 untuk potongan setiap karungnya 10 kilogram," jelasnya.

Petani mengaku senang dengan harga tersebut, meskipun panen raya kali ini mengalami penurunan. Namun dengan harga tersebut penurunan hasil panen bisa tertutupi dengan harga yang tinggi.

Petani lain, Wahiman (50) mengaku, kalau petani di Desa tegalrejo senang menjualnya dalam keadaan kering, hal itu dikarenakan selain harganya mencapai 13.500, potongan perkarungnya cuma setengah kilogram.

"Kalau petani di desa ini kebanyakan memanen kacang tanah dan melakukan penjemuran sendiri, karena harga dan potonganya terpaut jauh," pungkasnya. [hud/rom]