Hujan Lebat, Dua Pohon di Jalur Pantura Roboh
Reporter: Edy Purnomo
 
blokTuban.com - Dua pohon di jalur Pantura, tepatnya di kawasan Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, roboh bersamaan dengan hujan deras dan angin kencang sore ini, Jumat (27/5/2016).
 
Kapolsek Bancar, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Basir, ketika dikonfirmasi mengatakan pohon tumbang pertama kali ada di Jalan Tuban-Semarang kilometer 37-38, Desa Bancar, Kecamatan Bancar. Di tempat ini, satu Pohon Kawis roboh dan menghalangi jalur Pantura. Petugas langsung melakukan evakuasi dengan memotong dahan dan ranting agar tidak menghalangi jalan raya.
 
"Setelah Salat Jumat petugas memang langsung patroli sambil membawa gergaji mesin, karena melihat cuaca buruk," kata Basir menerangkan.
 
Selesai evakuasi pohon pertama, petugas kembali mendapatkan informasi adanya pohon sengon berdiameter 70 centimeter roboh dan menghalangi jalan raya. Kali ini, pohon roboh berada di Jalan Tuban-Semarang, kilometer 31-38, Dusun Culi, Desa Margosuko, Kecamatan Bancar. Pohon milik Perhutani itu berada di sisi utara jalan, tercerabut dari akarnya, dan batangnya yang besar memenuhi jalur nasional.
 
"Petugas langsung memotong beberapa bagian batang pohon yang melintang di jalan, supaya tidak mengganggu arus lalu lintas," jelas Basir.
 
Beruntung, ketika pohon tumbang tidak ada kendaraan yang melintas di bawahnya. Meski arus lalu lintas sempat terganggu, tetapi petugas mengatasinya dengan melakukan sistem buka tutup agar kendaraan tetap bisa melintas. [pur/col]