Antisipasi Penyakit, Semprot Padi Sejak Dini

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Guna mengantisipasi penyakit pada tanaman padi agar bisa menghasilkan hasil yang maksimal, petani di Desa Nguruan, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban melakukan penyemprotan sejak dini, Selasa (10/5/2016).

Langkah antisipasi ini dilakukan oleh petani desa setempat pada tanaman padi yang baru berusia kurang lebih satu minggu. Hal itu dikarenakan, musim seperti ini dan usia padi yang masih muda sangat rawan terkena penyakit merah.

Kali ini langkah antisipasi dilakukan dengan obat Herbisida, selain untuk mencegah penyakit merah pada tanaman padi, juga untuk membasmi rumput yang mengganggu tanaman padi," ungkap salah satu petani desa setempat, Ahmad (50) kepada blokTuban.com.

Petani lain Sampurno (46) mengaku, berhubung padi berusia baru sekitar satu minggu, penyemprotan dilakukan lebih dulu, baru setelah itu dilakukan pemupukan.

"Selain untuk membasni rumput pengganggu, penyemprotan kali ini juga untuk menghindari penyakit merah pada tanaman padi, kerena apabila padi telah terkena penyakit merah, sulit untuk dipulihkan," tambah Sampurno.

Pantauan blokTuban.com, tanaman padi milik petani Desa Nguruan ini telah banyak ditumbuhi rumput, sehingga apabila rumput-rumput tersebut tidak segera dibersihkan, ditakutkan akan mengganggu perkembangan tanaman, sehingga padi tidak bisa tumbuh dengan maksimal. [hud/rom]