Alat Berat Sudah di Avur Jambon

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Banjir Bandang yang sering terjadi di tanggul avur Jambon Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban sering membuat rugi para petani, karena saat hujan deras tiba maka seluruh sawah disekitar tanggul akan tergenangi luapan air tersebut. Muntahan air itu disebabkan karena tanggul disepanjang avur yang tidak mampu menahan volume air saat hujan deras tiba. Namun, sekarang dilokasi sudah terlihat Alat berat yang akan digunakan untuk memperbaiki tanggul Jambon.

Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Media Pemkab Tuban, Teguh Setyobudi mengatakan, bahwa alat berat backhoe itu sudah lama ada disekitar tanggul avur Jambon, karena memang akan dilakukan perbaikan sementara oleh Pemkab.

"Akan dilakukan perbaikan sementara, sifatnya darurat karena sekarang lagi musimnya hujan," terang Teguh kepada blokTuban.com (Jumat, 22/4/2016)

Menurutnya, penanganan darurat sementara perlu dilakukan karena mengingat jika tanggul sudah jebol maka dampaknya akan sangat mengena bagi petani, seperti yang sudah terjadi kemarin-kemarin. Saat ini belum bisa dilakukan perbaikan, karena memang masih terjadi hujan jadinya susah untuk diperbaiki.

"Jika tidak hujan maka akan dilanjutkan perbaikan, istilahnya ya curi-curi kesempatan untuk memperbaiki tanggul, tinggal cuaca saja," pungkas mantan camat Tuban kota tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Sumurgung, Mujammi'in mengaku tidak tahu menahu perihal kedatangan alat berat itu kapan, karena dirinya tidak pernah dihubungi oleh Pemkab untuk kordinasi terkait perbaikan tanggul avur jambon yang berada diwilayah desanya.

"Saya tidak tahu kapan alat berat tersebut ada, namun informasi dari warga sudah ada sekitar satu minggu lalu," ujarnya.[nok] terang Teguh kepada blokTuban.com (Jumat, 22/4/16)

Menurutnya, penanganan darurat sementara perlu dilakukan karena mengingat jika tanggul sudah jebol maka dampaknya akan sangat mengena bagi petani, seperti yang sudah terjadi kemarin-kemarin. Saat ini belum bisa dilakukan perbaikan, karena memang masih terjadi hujan jadinya susah untuk diperbaiki. [nok/ito]