55 Pasangan Pengantin Montong, Menikah di Bulan April

Reporter: Khoirul Huda

blokT uban.com -Selama tahun 2016 ini, pada bulan April angka berlangsungnya pernikahan yang terdaftar di Kantor Urusan Agama di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban mencapai hingga 55 pasang.

Di bandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya pada bulan april ini mengalami ppeningkatan. Hal ini dipengaruhi karena selain dipedesaan masih memegang teguh adat istiadat setempat, juga dikarenakan masyatakat yang kebanyakan petani telah melakukan musim panen.

"Tingginya angka pernikahan yang terdaftar di KUA juga dipengaruhi karena masyarakat montong yang kebanyakan mempunyai mata pencaharian petani telah melakukan panen" kata Kepala KUA Kecamatan Montong Drs Mohammad Qosim kepada blokTuban.com, Jumat (23/4/2016).

Masyarakat Montong dalam adat istiadat jawa bulan rojab yang berada di bulan april hingga mei dipercaya kalau bulan tersebut merupakan bulan yang berkah.

Lanju Qosim, disamping itu pengaruh yang paling utama, tingginya angka pernikahan dibulan April adalah pengaruhi musim panen telah usai sehingga para keluarga yang akan melakukan pernikahan mempunyai biaya untuk menanggap hiburan.

"Kemungkinan ini merupakan puncak tingginya pernikahan tahun ini, karena kedua hal yang mempengaruhi tingginya angka pernikahan tersebut berada dibulan april," tambah Kepala KUA Kecamatan Montong.[hud/ito]