Puluhan Anggota Kartar Belajar Usaha Kreatif

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Puluhan pemuda anggota Karang Taruna Kabupaten Tuban, berangkat ke Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, sejak Jum'at (8/4/2016) sampai Minggu (10/4/2016) besok.

Para pemuda ini, mengikuti pelatihan keorganisasian, kepemimpinan, kewirausahaan, dan strategi komunikasi. Berangkat atas inisiasi dari Karang Taruna Kabupaten Tuban, operator Minyak dan Gas Bumi (Migas) blok Cepu, Exxon Mobil Cepu Limited, dan juga Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans).

Informasi yang diterima blokTuban.com, Karang Taruna yang dikirim berasal dari Desa Trutup dan Desa Sumberagung yang berada di Kecamatan Plumpang, juga dari Desa Glodog dan Desa Pucangan dari Kecamatan Palang.

"Para kader masa depan ini diharapkan mempunyai pengetahuan, keahlian, dan mampu membaca potensi yang ada di sekitarnya," kata perwakilan EMCL, Ichwan Arifin, Sabtu (9/4/2016).

Peserta akan mengunjungi Karang Taruna Puspo Jagat, yang berada di Desa Semen. Karang taruna ini pernah menjuarai lomba karang taruna tingkat nasional. Tujuannya untuk melihat percontohan wirausaha, pengembangan ekonomi kreatif dan produktif. "Desa semen merupakan kawasan wisata ekologi. Ini bisa dijadikan pembelajaran bagi karang taruna mengolah lahan secara maksimal dan aman di jalur pipa EMCL," kata Ichwan.

Terpisah, Ketua Karang Taruna Tuban, Nur Ahsan, meminta peserta memanfaatkan pelatihan dengan baik. Dia berharap, karang taruna bisa nenjadi agen perubahan perbaikan bangsa.

"Dulu peran karang taruna hanya di olahraga saja, sekarang kita harus lebih dari itu, yakni menjadi agen perubahan," kata Ahsan.

Mewujudkan itu, diperlukan kerjasama antara pemerintah dengan swasta. Supaya lebih banyak kegiatan yang bisa dilakukan lebih terarah dan mempunyai manfaat yang luas.

Kepala Seksi (Kasi) Penyuluhan di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsonakertrans), Ponco Sudarmojo, menjelaskan kalau anggaran pemerintah masih sangat minim untuk program-program karang taruna. Dia berharap, kegiatan serupa juga bisa dilakukan untuk karang taruna di desa lain.

"Semiga bermanfaat untuk pembangunan Kabupaten Tuban," kata Ponco. [pur/ito]