Sepuluh Penari Tuban Terpilih Unggul Tiga Poin

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pelaksanaan seleksi tari daerah Kabupaten Tuban, pada Sabtu lalu (12/3/2016) oleh Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) mengantongi sepuluh nama peserta terpilih. Kesepuluh peserta ini dinyatakan memenuhi tiga kriteria yang ditetapkan juri.

Tiga kriteria yang harus dimiliki peserta tari ini di antaranya berkaitan denga kemampuan menari daerah. Seperti kemampuan ungkap, kepenarian dan pengetahuan.

Kemampuan ungkap yang dimaksud yakni kemampuan penari dalam bermain ekspresi atau mimik muka. Untuk kemampuan kepenarian yakni berkaitan dengan bentuk tari atau dapat ditinjau dari bentuk postur, gerak tari dan kekompakkan penari. SeDangkan pengetahuan yaitu terkait seluk beluk tari yang dibawakan, seperti sejarah singkat tarian yang dibawakan.

"Seleksi tari dilakukan secara kelompok. Karena jika dilakukan secara individu kebanyakan kurang percaya diri. Namun terlepas dari penampilan kelompok, penialain tetap dilakukan secara individu," kata Kepala Kasi Kebudayaan, Sumardi, Selasa (15/3/2016).

Dari hasil seleksi kali ini, penari tari daerah berkesempatan menjadi Duta Tari Daerah Tuban selama kurang lebih satu tahun. Selain itu, beberapa penari berkesempatan menjadi wakil Tuban ketika mengikuti lomba di tingkat Provinsi maupun Nasional.

"Peseta rata-rata berusia 16-25 tahun. Karena yang disasar memang peserta sekolah. Setelah ini akan dilakukan pembinaan dan pengembangan bakat," pungkas Sumardi kepada blokTuban.com.[dwi/col]

Berikut nama dan asal peserta yang lolos seleksi lomba tari daerah Kabupaten tuban:
1. Erin Triana Dewi, Jalan Hayam Wuruk-Semanding.
2. Muhimatul Ifadah, Desa Bangunrejo-Soko.
3. Susmiati, Desa Margorejo-Parengan.
4. Aldi Andika P, Perum Mondokan Sentoso Blok T 31-32.
5. Sasinta Dewi S, Desa. Bangunrejo-Soko.
6. Suci Nurhayati, Jalan AKP Suroko No. 29.
7. Lazuardi Imani, Jalan Pahlawan Tuban
8. Sri Linda O, Desa Tegalagung-Semanding.
9. Rizkia Inayatul, Desa Sawahan-Rengel.
10. Nining Dwi C, Jalan Karang Pucang, Gang Nakula nomoe 106 Tuban.