Pemerintah Kurang Peduli, Warga Urug Jalan Sendiri

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Lagi-lagi jalan rusak tidak segara diperbaiki mengundang kekecewaan warga. Seperti jalan yang berada sekitar 120 meter arah barat dari Balai Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko. Atas inisiatif sendiri, warga setempat mengurug jalan tersebut, Rabu (9/3/2016).

Keruskan jalan terjadi sekitar sepuluh hari ini kian parah kondisinya. Jika tiga hari lalu penurunan badan jalan setinggi 30 centimeter, kini sebelum dilakukan pengurukan diperkirakan menjadi lebih dari 40 centimeter.

Sejumlah warga setempat yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Mayarakat 'Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia' (LSM GMBI) berinisiatif menguruk badan jalan yang mengalami penurunan. Menurut mereka, hal ini dilakukan atas dasar kepedulian sesama.

Ketua LSM GMBI, Jamin mengatakan, pemerintah desa setempat kurang peduli akan keselamatan pengguna jalan yang melintas di jalan tersebut. Bila dibiarkan terus-menerus bisa jadi akan memakan korban kecelakaan.

"Tadi didatangkan material pedel untuk menguruk jalan rusak tersebut. Lantaran sepanjang jalan tersebut tidak ada penerangan di malam hari," kata Jamin kepada blokTuban.com

Diketahui, di tahun-tahun sebelumnya, di lokasi tersebut sudah menjadi langganan jalan rusak. Penurunan badan jalan apabila dibiarkan dapat berakibat longsor. [dwi/rom]