Meski Belum Direkap, BPS Klaim Pengangguran Menurun

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban mengklaim bahwa angka tingkat pengangguran menurun pada tahun 2015, kendati data tersebut belum direkap untuk akhir tahun 2015.

Saat ditemui di kantornya Kepala BPS Kabupaten Tuban, Prayogo mengatakan, bahwa angka pengangguran atau Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Tuban menurun. Dari data rekapitulasi yang ada sejak tahun 2013 angka pengangguran mencapai 4,33 persen dan pada tahun 2014 mencapai angka 3,63 persen.

Sedangkan untuk tahun 2015 juga diakuinya menurun walaupun besaran angkanya belum diketahui, sebab belum ada rekapitulasi akhir tahun 2015.

"Sensus pengangguran ini ada caranya, yaitu sesuai dengan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas), biasanya dilakukan satu tahun dua kali, dalam satu tahun terdapat dua semester. Jadi setiap satu semester juga harus dilakukan sensus, namun untuk rekapitulasinya yaitu pada akhir tahun tepatnya," jelasnya kepada blokTuban.com

Prayogo menambahkan, kemungkinan faktor yang mempengaruhi tingkat angka pengangguran menurun adalah adanya beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten Tuban, dan para ibu rumah tangga (IRT) yang sudah memulai membuat usaha sendiri di rumah.

"Ya tentunya saya juga berharap bahwa angka pengangguran semakin lama juga semakin menurun, masa' saya mau semakin lama semakin meningkat angka penganggurannya. Semoga perekonomian Kabupaten Tuban ke depan lebih baik sehingga angka pengangguran semakin menurun," pungkasnya. [nok/col]