86 Persen TKA Berasal dari China

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China di Tuban, selama 2015 mendominasi hingga 86 persen.

Tidak dapat dipungkiri, bahwasannya TKA berkeahlian khusus dibutuhkan oleh perusahaan besar. Sekalipun diantaranya pusat perusahaan besar tersebut berada di ibu kota.

Data yang dihimpun blokTuban.com, pada bulan Oktober 2015 dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakrtrans) Kabupaten Tuban, mencatat ada 74 TKA. Dimana terdapat TKA asal China sebanyak 67 orang.

"Pada proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Awar-Awar, di Kecamatan Jenu dikerjakan oleh China National Electric Engineering Co.Ltd, yang otomatis menyerap banyak TKA asal China," kata Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan Dinsosnakertrans, Slamet Widodo.

Sementara TKA lainnya berasal dari India sebanyak 1 pekerja, sisanya berasal dari luar benua asia, seperti Jerman, Canada, Colombia, Rumania dan Indian.

"Rata-rata investasi di Tuban padat modal. Jadi yang dibutuhkan rekrutmen pekerja yang expert atau ahli dibidang tertentu," kata Kepala Dinsosnakertrans Nurjanah. [dwi/rom]

*Foto ilustrasi insert.net