Pencari Kerja Tuban Capai 4.590

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi(Dinsosnakertrans) menyatakan jumlah pencari kerja di Kabupaten Tuban pada tahun 2015 mencapai 4.590. Angka terebut cukup tinggi lantaran setiap tahun setiap jenjang pendidikan meluluskan anak didik.

Data yang dihimpun blokTuban.com menunjukkan, jumlah pencari kerja merupakan kelompok terdidik. Mayoritas pencari kerja mengantongi ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dan sarjana.


"Saat ini jumlah pencari kerja terbanyak dari SMA," terang Kepala Dinsosnakertrans, Nurjanah kepada blokTuban.com`

Pencari kerja dari lulusan SMA sederajat saat ini tercatat 1.210. Dari SMA, Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Sejuah ini, lanjut Nurjanah, dalam upaya membantu menyalurkan tenaga kerja, Dinsosnakertrans bekerjasama dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Setiap kali dibuka lowongan pekerjaan, pihaknya berusaha menghimpun informasi untuk kemudian disampaikan pada khalayak.

Dalam memenuhi permintaan perusahaan akan tenaga kerja, Dinsosnakertrans memfasilitasi peningkatan skill atau keahlian untuk pencari kerja.

"Kami bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja Industi atau sekarang disebut Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan kerja provinsi Jawa Timur di Tuban," tambah Nurjanah.

Pada tahun 2016 ini tidak dapat diprediksi akan adanya kenaikan atau pun penurunan pada tingkat pencari kerja. [dwi/col]

Ilustrasi: aktual.com