Potong Daun dan Ranting, untuk Keindahan dan Keamanan Jalan

Reporter: Moch Sudarsono

blokTuban.com - Kebersihan merupakan hal yang diinginkan bagi setiap orang, baik masyarakat yang ada di desa ataupun masyarakat yang ada di kota.

Seperti biasa, jika kita sering melintas di jalan kota Tuban, maka kita akan menemukan pemandangan beberapa petugas kebersihan sedang melakukan agenda rutin bersih-bersih taman yang ada di setiap jalan, terlebih pada pepohonan yang daun dan rantingnya sudah dirasa tidak indah untuk dipandang dan berpotensi membahayakan bagi pengguna jalan.

Seperti yang terlihat di jl. Basuki Rahmat, Kota Tuban, rutinitas terlihat saat petugas kebersihan sedang membersihkan pepohonan yang daun dan rantingnya sudah sampai ditengah jalan dengan menggunakan truk port clif.

Mandor petugas kebersihan dinas Pekerjaan Umum M.Mustain, mengatakan bahwa agenda bersih-bersih pohon yang ranting dan daunnya sudah sampai ke jalan ini biasa kita lakukan.

"Apalagi pada saat musim hujan, karena dianggap membahayakan" ujarnya.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Pekerjaan Umum, Lilik Subiyanto, ditemui di kantornya, mengatakan bahwa pihaknya memang bertugas untuk menjaga kebersihan yang ada di Kota Tuban, apalagi jika pohon-pohon sudah mulai nampak daun dan rantingnya memanjang menutupi badan jalan.

"Maka akan segera dilakukan pemotongan, karena bisa membahayakan pengguna jalan" jelas Subiyanto.[nok/mu]