Pasien Katarak Didominasi Lansia

Repoter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Operasi katarak dalam rangka HUT Korps Marinir dan Hari Jadi Tuban (HJT) ke 722, dimulai Sabtu (21/11/2015). Sejak dimulai, warga langsung diperiksa oleh dokter spesialis untuk dilakukan penanganan lebih lanjut, dan terbanyak pasien adalah lanjut usia (Lansia).

Hal itu disampaikan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr R. Koesma Tuban, Zainul Arifin. kepada blokTuban.com dikatakan, jika peserta operasi katarak gratis sebagian besar didomonasi penderita usia lanjut.

"Hari ini peserta operasi sebanyak 21 orang. Dari jumlah tersebut, 21 diantaranya operasi bola mata yang dilakukan," kata Arifin.

Sementara itu Wakil Direktur RSUD, Abdul Rochman menegaskan, jenis katarak yang kebanyakan diderita oleh pasien masuk di kategori Katarak Senil. Jenis tersebut memang selama ini banyak menyerang lansia.

"Katarak Senil menyebabkan pengkapuran lensa yang disebabkan faktor usia," tegas Rochman.

Dijelaskan, sebelum dioperasi, pasien terlebih dahulu akan di screening atau penjaringan. Sebab, tidak semua penderita katarak bisa dioperasi. Ketika penderita memiliki penyakit penyerta, seperti diabetes dan darah tinggi, maka akan dilakukan penanganan awal penyakit penyertanya.

"Operasi mata sampai saat ini masih berlangsung hingga mencapai target 100 penderita," tambahnya. [dwi/mad]