MI Musthofawiyah Tuban Gelar Launching Perpustakaan Digital

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Musthofawiyah, yang berada di Desa Nguruan, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban bekerjasama dengan PT. Media Digido Nusantara dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban membuat digital library atau perpustakaan digital. 

Perpustakaan yang resmi dilaunching langsung oleh Kepala Madrasah, Imron pada Senin (18/3/2024) kemarin, bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dan kemajuan era. 

Perpustakaan digital merupakan perpustakaan yang menyimpan koleksi buku dalam bentuk digital. Koleksi buku yang tersedia pada perpustakaan digital MI Musthofawiyah yakni berbentuk e-book buku pelajaran dan buku non pelajaran atau buku penunjang pembelajaran dan bermacam-macam buku fiksi. 

Launching perpustakaan digital ini diawali dengan pengenalan aplikasi bernama "TETRASENA" yang merupakan nama perpustakaan digital MI Musthofawiyah. Siswa dibekali tata cara membuka aplikasi web layanan dan login menggunakan akun yang sudah dibuatkan admin perpustakaan digital. 

Siswa langsung mempraktikkan tutorial dari admin diajari mengakses perpustakaan digital, cara membaca, meminjam dan mengembalikan melalui aplikasi tersebut.

Launching perpustakaan digital diikuti oleh seluruh siswa-siswi MI Musthofawiyah dan juga dewan guru. Dengan launching tersebut diharapkan seluruh siswa dan guru dapat mengakses dan memanfaatkan perpustakaan digital tersebut. 

Dalam kesempatan tersebut, Imron berharap perpustakaan digital dapat menumbuhkan minat baca dan literasi bagi semua siswa karena buku adalah gudang ilmu. 

Sementara Admin Perpustakaan digital, Ifa menambahkan bahwa perkembangan zaman, menuntut madrasah untuk berkolaborasi dengan media digital. Sehingga dengan begitu, dapat memotivasi madrasah untuk berkembang dalam mengikuti era. 

"Juga atas dukungan bapak ibu guru, maka dari itu kita buatkan Perpustakaan Digital dengan harapan siswa-siswi bisa memanfaatkan handphone/komputernya ketika di rumah dengan berliterasi", ujarnya, Selasa (19/3/2024). 

Lebih lanjut, meskipun terdapat beberapa siswa yang terkendala signal saat menggunakan perpustakaan digital, karena cuaca yang sedang mendung, namun kegiatan launching tersebut berjalan dengan lancar dan tertib. [Sav/Ali]