Efek Jera! Puluhan Remaja Balap Liar di Tuban Dihukum Dorong Sepeda Motor

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Kerap melakukan balapan liar di jalan Sukarno-Hatta (Suhat) Tuban, puluhan remaja diringkus Satlantas Polres Tuban, Minggu (17/3/2024).

Menurut Kasat Lantas Polres Tuban AKP Ayip Rizal jika hal ini dilakukan karena disaat memasuki bulan suci Ramadan 1445 H ini, banyak masyarakat yang merasa resah dan terganggu dengan adanya kegiatan balap liar di jalan nasional. 

“Semenjak puasa ini banyak masyarakat yang mengadu karena adanya kegiatan (Balap liar) yang meresahkan dan mengganggu,” ujar AKP Ayip Rizal.

Dengan adanya aduan tersebut dini hari tadi, sekitar pukul 02.00 WIB, Satlantas Polres Tuban kemudian melakukan operasi di jalan Suhat.

Hasilnya benar apa yang dikata masyarakat, banyak pemuda yang melakukan kegiatan balap liar di jalan yang baru diperbaiki tersebut.

Dengan adanya petugas yang datang di lokasi, sontak para pemuda kocar-kacir karena ketakutan, namun karena operasi sudah disiapkan secara matang hasilnya terdapat 25 kendaraan yang berhasil diringkus.

“Ada puluhan remaja yang kita amankan, rata-rata masih usia pelajar,” imbuhnya.

Guna memberikan efek jera kepada puluhan remaja tersebut Satlantas menghukum mereka dengan mendorong sepeda motor yang dipakai trek-trekan dari jalan Suhat menuju Polres Tuban.

Kemudian mantan atlet voli timnas Indonesia ini juga mengatakan, jika untuk kendaraan motor yang diamankan di Polres Tuban nantinya akan diamankan selama satu bulan.

“Akan kita tahan duku kendaraaannya selama satu bulan, agar mereka jera dan tak mengulangi,” bebernya.

Selain itu, jika sudah satu bulan berjalan, untuk pengambilan kendaraan pemilik harus mengembalikan kendaraannya sesuai standar.

Ayip juga menghimbau kepada orang tua agar turut mengawasi anak-anaknya supaya tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah.

“Kita himbau kepada orang tua agar turut mengawasi anaknya, dan jika sudah keluar lebih dari jam sepuluh malam, supaya disuruh pulang,” pungkasnya. 

[Nur/Ali]